Home > Artikel > SI KECIL “BERHITUNG & MEMBACA”

SI KECIL “BERHITUNG & MEMBACA”


Berikut ini adalah  Tips-tips agar si kecil sudah pandai berhitung dan membaca sejak usia dini:

Tiga Langkah Efektif

Memperkenalkan angka dan huruf dapat dilakukan dengan tiga langkah efektif.

  1. Siapkan tiga karton dengan tulisan huruf maupun angka yang cukup besar. Tunjuk satu persatu , sambil berkata “satu”, lalu “dua” dan selanjutnya “tiga”. Atau “A”, lalu “I”, selanjutnya “E”.
  2. Bertanya pada si kecil “Mana satu?”, lalu “Mana dua?”, selanjutnya “Mana tiga?”. Atau Tanya huruf.
  3. Selanjutnya, bertanyalah pada si kecil, “Ini angka berapa ya?” atau “Ini huruf apa ya?”. Lakukan ketiga langkah ini berulang-ulang.

Aktifitas Yang Perlu

Beri bulatan karton berisi angka pada anak tangga atau lantai, sehingga setiap kali melangkah, Anda dapat memperkenalkan setiap angka. Hal yang sama dapat dilakukan pada lemari baju atau kotak tempat mainannya. Bila sedang gemar menyiram bunga, buat bunga dari karton yang dihiasi angka dan tancapkan disetiap pot. Sementara untuk aktifitas mengenal huruf , Anda bisa langsung mulai dengan menuliskan nama binatang mainanya atau benda-benda disekeliling yang sudah dikenalnya. Misalnya, “PUS”, “AUM”, “BOLA”, “IKAN”, “MEJA”, “MOBIL”, “BUKU”,dst. Setiap kali dia mengambilnya, Anda dapat mengajaknya “membaca” tulisan yang ada.

Permainan Penunjang

Permainan untuk berlatih mengenal angka dan huruf tidak perlu dibeli secara khusus. Puzzle sederhana berupa tebak-pasang angka dan huruf dapat dibuat sendiri dari karton, balok-balok, jam mainan atau kartu yang diberi hiasan atau angka. Bila sikecil senang bermain alat musik, piano atau organ, mainan yang ada dirumah juga bisa dihiasi angka atau huruf yang ditulis besar dengan warna yang menarik. Setiap dia memukul tutsnya, sebutkan angka atau huruf yang tertera disana.

Peduli Emosi

Selain mengasah IQ (Intellegent Quotient)-nya, si kecil juga perlu dikembangkan EQ (Emotional Quotient). Latih si kecil sejak dini untuk dapat menganalisa perasaannya sendiri (senang, marah, takut, dsb), melalui cara meningkatkan frequensi perbincangan mengeanai emosi dengan orang tua. Misalnya dengan bertanya “Lho adik kok lari? Takut ya?” Lalu latihlah ia untuk mengelola dan mengekspresikan emosinya. Misalkan dengan belajar memahami anak laki-lakipun boleh menangis untuk mengeluarkan perasaannya dalam situasi tertentu atau belajar memahami makna kata “maaf” dan penjelasan situasi yang ada. Selain itu si kecil juga perlu dilatih untuk mengembangkan kemampuan memotivasi diri dan kemampuan menyelesaikan suatu masalah (dengan menanamkan inisiatif), serta mengenal emosi orang lain (cara berempati), sekaligus cara bersosialisasi.

Anda Harus Waspada…

  • Kecerdasan si kecil berkaitan dengan otak. Jadi jagalah selalu keselamatan otaknya, dengan mencegah si kecil terkena campak (measles), sebab salah satu komplikasi dari penyakit ini adalah radang otak, yang bisa menyebabkan keterbelakangan mental. Selain itu, lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan pastikan si kecil mendapat semua vaksinasi yang diperlukan.
  • Ambil tindakan pencegahan untuk menghindari kecelakaan yang bisa melukai otak, seperti timah hitam yang biasa terdapat dalam cat rumah, Koran, ataupun mainan.
  • Bila kepala si kecil berdarah karena cedera ringan, anda cukup menekan luka dengan kapas selama beberapa menit untuk menghentikan pendarahan, lalu bersihkan dan beri obat luar.
  • Bila benturan cukup keras, amati si kecil dengan seksama  selama 6 jam setelah benturan. Hubungi dokter bila muncul tanda-tanda, seperti si kecil hilang kesadaran, kejang, muntah berkali-kali, tidak bisa menggerakkan lengan atau kaki, keluar darah dari telinga dan hidung, ukuran pupil jadi tidak sama atau si kecil bereaksi tidak normal.

Ingat!

  • Setiap anak adalah individu yang unik. Biarkan dia berkembang sesuai usianya.
  • Dunia si kecil adalah dunia bermain. Lakukan semua kegiatan bersamanya dengan penuh kegembiraan.

Sumber: Huggies dan Majalah Ayahbunda

Categories: Artikel Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: