Home > Artikel > Bicara dan Bahasa by Sri Gutomo

Bicara dan Bahasa by Sri Gutomo


Terkadang kita bingung dan salah mengartikan Berbicara, Berbahasa, Berkomunikasi. Namun demikian ada perbedaan diantaranya:

· Bicara – melibatkan penggunaan vocalisasi dan kata-kata yang diucapkan.

· Bahasa – melibatkan pengorganisasian signal-signal yang ada. Dari kata-kata yang diucapkan sampai ke gesture atau gerakan tubuh sampai ke simbol-simbol yang dituliskan.

· Komunikasi – melibatkan bicara, berbahasa, tingkahlaku atau behaviour.

Seorang bayi berkomunikasi menggunakan bicaranya atau “bahasanya“– mereka menangis, tertawa, mengerutkan dahinya, terjadilah komunikasi. Semakin kita tumbuh besar, perkembangan bahasa sangatlah penting guna menentukan siapa diri kita sebenarnya.

Berbagai penelitian menemukan bahwa ada kesempatan pada usia-usia awal anak untuk belajar bahasa – baik tertulis, berbicara/verbal, atau secara fisik/ gesture/ isyarat. Bila kemampuan berbahasa tidak berkembang pada usia-usia awal tersebut, akan sangat sulit untuk mengembangkan kemampuan berbahasa kelak dikemudian hari.

Bicara juga dipengaruhi oleh kemampuan belajar selama masa usia-usia awal tersebut. Berbicara meliputi koordinasi otot-otot yang ada di kepala, leher bahu dan perut, ini adalah hal yang komplek bagi anak-anak, dan memerlukan beberapa tahun latihan. Pada anak dengan gangguan pendengaran, belajar mengontrol otot-otot tersebut untuk menghasilkan bicara yang benar memerlukan usaha yang ekstra.

Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu bertukar ide-ide dan informasi. Hal tersebut dapat dilakukan melalui beberapa cara komunikasi.

Beberapa cara komunikasi

Selain bahasa isyara, anak-anak dengan gangguan pendengaran bisa menggunakan beberpa cara komunikasi lain. Seberapa parah dan usia kapan mengalami gangguan pendengarn banyak mempengaruhi cara komunikasi apa yang dapat digunakan.

Untuk batita terutama dan balita yang tergolong severe – to – profound hearing loss, pemilihan cara komunikasi yang akan diajarkan selama usia awal akan mempengaruhi kemampuan yang dapat dikuasainya kelak.

· Auditory / oral. Auditory/ oral mengajari anak untuk berbicara, menggunakan pendengarannya sebisa mungkin, membaca bibir. Menggunakan petunjuk lain yang ada untuk memehami apa yang diucapkan orang lain. Bahasa isyarat tidak diajarkan disini. Tujuannya adalah anak dengan gangguan pendengaran dapat hidup independen di lingkungan yang mendengar.

· Auditory / verbal. Auditory / verbal (AV) mengajarkan anak untuk menggunakan sisa pendengaran yang ada untuk mendengar dan menyimak dan tidak membaca bibir lawan bicara. Melalui mendengarkan orang lain berbicara, anak-anak dapat belajar berbicara lebih baik. Anak-anak belajar dan preaktek dengan terapisnya dan orang tuanya dan menggunakan hearing aids, cochlear implant atau alat bantu dengar lainnya

· Cued Spech. Sistem visual yang memudahkan membaca bahasa bibir lebih mudah.

· Fingerspelling. Mengeja dengan menggunakan bahasa isyarat tangan sesuai abjad.

· Bahasa bibir. Pendengar membaac gerak bibir lawan bicara, ekspresi wajah, bahasa tubuh untuk memahami apa yang diucapkan lawan bicaranya.

· Total komunikasi. Cara komunikasi yang menggunakan semua modalitas yang ada, baik menggunakan isyarat, maupun berbicara.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, cara mana yang sesuai untuk seorang anak gangguan pendengaran sangatlah bergantung pada beberpa hal: usia, kapan gangguan pendengaran itu didapat, support orang tua dan profesional yang mendampinginya dan beberapa hal penting lainnya. Oleh karenya sangatlah penting untuk mengetahui harapan orang tua kepada anak mereka dalah hal cara berkomunikasi.

Categories: Artikel
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: