Home > 2. Sejarah Terbentuknya > Sejarah Terbentuknya

Sejarah Terbentuknya

25/06/2008

Pada akhir Desember 1999, beberapa orang tua yang merasa tidak puas dengan penanganan anak mereka yang mengalami gangguan pendengaran, berkumpul, berdiskusi untuk memberikan bantuan berupa informasi/sharing bagimana penanganan gangguan pendengaran yang sudah dijalani maupun yang diharapkan orang tua. Kelompok ini bertemu secara rutin seminggu sekali menceritakan pengalaman dan kesulitan masing-masing orang tua dalam menangani anak mereka. Semakin hari semakin banyak orang tua yang bergabung dalam kelompok ini. Kemudian kelompok ini dinamakan Surabaya Parents Support Group. Kegiatannya adalah seputar pemberian habiltasi Auditory kepada orang tua dan anak yang mengalami gangguan pendengaran, konsultasi mengenai penanganan gangguan pendengaran, menjalin hubungan dengan para profesional medis dan profesional pendidikan. Dengan semakin banyaknya keluarga/orang tua anak yang bergabung, maka dipandang perlu untuk mendirikan sebuah lembaga yang mempunyai kekuatan hukum guna lebih mengakomodasi kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan. Oleh karena itu dibentuklah Yayasan Aurica pada September 2004 dengan program dan kegiatan yang lebih beragam dan terstruktur guna menunjang keberhasilan anggota.
Yayasan Aurica adalah sebuah lembaga yang didirikan oleh para orang tua anak dengan gangguan pendengaran, dengan tujuan untuk dapat turut serta membantu/ mengembangkan potensi anak-anak yang mengalami gangguan pendengaran agar dapat lebih berpartisipasi dan prestasi serta dapat memiliki pilihan yang lebiih luas.
Seluruh anak-anak di Yayasan Aurica menggunakan alat bantu dengar, baik hearing aid atau cochlear implant dengan tingkat gangguan pendengaran ringan hingga berat (profound). Para orang tua yang bergabung di Yayasan Aurica memiliki harapan yang sama, ingin anak mereka dapat berintegrasi dalam lingkungan sosial mereka. Hal ini berarti dapat berkomunikasi secara verbal di dalam rumah, lingkungan rumah dan di sekolah pada umumnya.

Categories: 2. Sejarah Terbentuknya Tags:
%d bloggers like this: